harga kamera (05/06) CANON 1000d+ lens 18 55mm is 5,325,000; CANON 450D bo 6,295,000; CANON 450d + 18-55is 7,075,000; CANON 500d + 18-55is 9,095,000; CANON 50D bo 10,595,000; CANON 50D + lens 18-55mm is 11,835,000; CANON 50D + lens 17-85mm is 14,495,000; CANON 50D + lens 18-200mm is 15,695,000; CANON 5D MK II bo 27,550,000; CANON 5D MK II + lens 24-105mm 37,935,000; NIKON D60 bo 5,495,000; NIKON D60+lensa 18-55mm 6,235,000; NIKON D60+lensa 18-55mm VR 7,195,000; NIKON D90 bo 11,225,000; NIKON D90+lesa 18-105mm VR 14,775,000; NIKON D300 bo 17,345,000; NIKON D700 bo 27,950,000; NIKON D3 bo 42,475,000; NIKON D3x bo 92,750,000;OLYMPUS E420+14-42mm+40-150mm+2g Ultra II 6,295,000; OLYMPUS E510 + 14-42 + 40-150 +2g Ultra II 7,575,000; OLYMPUS E520 + 14-42mm + 2g ultra II 7,095,000; OLYMPUS E520 + 14-42mm+40-150mm+2g Ultra II 7,935,000; OLYMPUS E3 + HLD 4 Power Batt 15,175,000; PENTAX KM + lens 18-55mm 6,975,000; PENTAX KM + lens 18-55mm + 50-200mm 8,395,000; PENTAX K200D + lensa 18-55mm + 2g 7,990,000; PENTAX K-20 D + lensa 18-55mm+1giga13,975,000;SONY Alpha 200+lens 18-70mm 4,995,000; SONY Alpha A200+lens 18-70mm+75-300mm 7,635,000; SONY Alpha 300 + lens 18-70mm 6,575,000; SONY Alpha 300 + lens 18-70mm+ 55-200mm 8,585,000; SONY Alpha 350 bo 7,935,000; SONY Alpha 350 + lens 18-70mm 8,735,000; SONY Alpha 350 + lens 18-70mm+ 55-200mm 10,935,000; SONY A 700 BO 12,945,000; SONY A700 + 18-70mm 13,625,000; SONY A900 bo 34,450,000

4.08.2009

Internet : Media Massa atau Bukan?

Internet merupakan media komunikasi modern yang kini mewabah dan digemari masyarakat. Hal ini dikarenakan sifat internet yang mudah diakses dan dianggap sebagai jendela dunia baru. Lewat media baru ini kini manusia sebagai pelaku komunikasi dapat lebih mudah berinteraksi dan menemukan berbagai jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dalam kehidupan sehari-hari.

Internet bukan hanya sekedar saluran komunikasi modern, namun juga merupakan rumah baru bagi kelompok-kelompok sosial yang tersegmentasi. Berbagai forum dan komunitas terbentuk dan berkembang melalui kehadiran internet. Hal ini menunjukan seberapa besar pengaruh internet dalam kehidupan manusia dewasa ini.

Kini yang menjadi pertanyaan adalah “Apakah Internet merupakan bentuk media massa baru?”. Untuk menjawab pertanyaan ini kita perlu mengkaji mengenai apa yang dimaksud dengan media massa. Secara epistimologis, media massa terbentuk dari kata media dan komunikasi massa. Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), media memilik artian sebagai berikut: “me•dia /média/ n 1 alat; 2 alat (sarana) komunikasi spt koran, majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk;”. Sedangkan komunikasi massa memiliki beberapa definisi, berikut adalah beberapa definisi yang dijabarkan oleh para ahli komunikasi:
• Joseph R. Dominick: Komunikasi massa adalah suatu proses dimana suatu organisasi yang kompleks dengan bantuan satu atau lebih mesin memproduksi dan mengirimkan pesan kepada khalayak yang besar, heterogen, dan tersebar.
• Jalaluddin Rakhmat merangkum: Komunikasi massa adalah jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah khalayak yang tersebar, heterogen dan anonim melalui media cetak atau elektronik sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat.

Berdasarkan beberapa definisi yang membentuk media massa, maka dapat kita konklusikan bahwa media massa memilki arti: suatu alat yang digunakan oleh suatu organisasi yang kompleks untuk melakukan komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah khalayak yang tersebar, heterogen, dan besar.

Media massa dibagi menjadi dua bagian, media massa tradisonal dan media massa modern. Media massa tradisional memiliki otoritas kekuasaan terbitnya terbatas. Hal ini mengakibatkan informasi yang diterima baik dari sumber maupun dari penerima berita tidak memiliki keleluasaan. Sehingga besar kemungkinan untuk merekayasa informasi. Inilah kekurangan dari media massa tradisonal. Suratkabar, majalah, radio, televisi, dan film merupakan produk dari media massa tradisonal. Hingga saat ini media massa tradisional masih terus hadir dan berkembang di masyarakat.
Seiring berkembangnya zaman, manusia melakukan berbagai perubahan dengan menciptakan dan mempopulerkan apa itu media massa modern.

Media massa modern memiliki ciri, yaitu sumber dapat mentransmisikan pesannya kepada banyak penerima (melalui SMS atau internet misalnya), isi pesan tidak hanya disediakan oleh lembaga atau organisasi namun juga oleh individual, tidak ada perantara, interaksi terjadi pada individu, komunikasi mengalir (berlangsung) ke dalam, dan penerima yang menentukan waktu interaksi. Internet dan handphone termasuk ke dalam media massa modern.

Dari ciri-ciri media massa modern, dapat kita lihat bahwa tidak semua jejaring yang ada di dalam internet merupakan media massa. Akan menjadi sangat salah jika kita berpendapat bahwa internet merupakan media massa bentuk baru/ modern. Menurut kami pribadi, internet merupakan ruang komunikasi baru yang salah satu fungsinya adalah dapat menjadi media massa.

Perbedaan internet dibanding media komunikasi klasik dapat dilihat dari dua sisi, yaitu penggunaannya oleh komunikator dan komunikan serta sisi karakteristik internet sebagai media komunikasi. Perbedaan karakteristik internet dibanding dengan media klasik dalam
sistem dan operasional sebagai alat maupun medium komunikasi adalah
sebagai berikut :
a. Perbedaan utama dan makro tersebut yaitu, internet adalah media berbasis komputer.
b. Internet sebagai media komunikasi memiliki penawaran interaktif yang dinamis terhadap penggunanya.
c. Media internet mampu menjadi pusat informasi dan sumber informasi yang tidak terbatas.
d. Luas jangkauan dari media internet tentu saja melintas antar benua, antar negara, serta antar budaya.
e. Fungsi internet sebagai media, selain sama dengan fungsi media lain, media internet memiliki penawaran untuk pengembangan bidang jasa maupun bisnis sebagai bagian gaya hidup.

Internet memang menyediakan suatu ruangan bagi khalayak untuk berkspresi, baik lewat tulisan, video, gambar, suara, ataupun gabungan keempatnya. Namun tidak semua konten dalam internet memiliki nilai kepentingan untuk diketahui oleh khalayak. Banyak fasilitas lain dari internet yang jauh dari pengertian media massa itu sendiri, misalnya saja situs jejaring sosial yang sedang ramai dibicarakan saat ini. Meskipun terdapat sedikit informasi, namun tujuan utamanya bukan sebagai aplikasi dari komunikasi massa.

Namun, jika membicarakan internet, pastilah akan tertuju pada konvergensi media massa yang sedang marak saat ini. Misalnya saja Liputan 6 yang bisa diakses melalui internet, dan juga e-paper dari Kompas.com. Mereka memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk bisa mengakses informasi kapan dan di mana saja. Dengan internet, infomasi menjadi lebih cepat disebarkan. Dalam hal ini essensi dari media massa sudah tersampaikan.

Selain itu dampak positif lain dari adanya internet adalah mulai munculnya citizen journalism sebagai salah satu sarana untuk menyalurkan naluri ingin memberitahukan yang sudah menjadi salah satu sifat dasar manusia. Citizen journalism ini muncul dalam bentuk blog pribadi yang kini dengan mudah dapat dibuat dengan hitungan menit. Salah satu bentuk blog pribadi adalah tempat Anda membaca artikel ini (kamerakemari.blogspot). Blog pribadi mungkin bukanlah bentuk media formal yang terlembaga, namun hal ini tidak berarti kualitas konten di dalamnya kalah dari media massa yang telah terlembaga, bahkan tak jarang media massa besar memakai konten di dalam blog pribadi untuk disadur.

Pada akhirnya, internet hanya berperan sebagai medium dari suatu komunikasi massa. Selebihnya, masalah ia masuk ke dalam media massa atau bukan, bisa dilihat dari macam situs yang diakses. Jadi penilaian mengenai internet sebagai media massa atau bukan memang benar-benar tergantung dari apa yang kita lihat melalui internet itu sendiri.
(lalitya 210110070150-martin 210110070154)




http://www.scribd.com/doc/11511309/Internet-Media-Sastra-Abad-Inibuat-Pendar-Pena-Media-Massa-Dan-Semangat-Zaman, diakses jam 22.00 70409
http://edwi.dosen.upnyk.ac.id/Internet%20as%20media.pdf, diakses jam 21.15, 70409
http://blog.brtoalit.com/?p=67 diakses jam 21.00. 070409

Lanjut Gan..